Sunday, April 21, 2013

Book Review: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh by Dee


Judul : Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh
Penulis : Dee
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2012

Rating 4/5


Asal usul kenapa aku bisa baca novel yang kayak begini adalah karena dipenjemin Andini, tukang baca juga dia. Akhirnya aku baca... sekitar 5 hari. Itu udah maksain banget bacanya, kalo ga ada guru, baca ; di angkot, baca ; nunggu bimbel, baca. Intinya aku bawa buku itu kemana-mana hehehe 

Jujur novel ini agak berat menurutku. Diksinya nggak biasa dipake di novel-novel lain, tapi tunggu dulu... dibalik kerumitannya, novel ini keren abisss!


Ada dua kisah paralel yang terjadi di novel ini. Pertama, ada Reuben dan Dhimas. Dua mahasiswa Indonesia itu pertama kali bertemu di Amerika, tempat mereka berkuliah. Awalnya mereka merasa tidak cocok satu sama lain, namun serotonin membuat mereka menjadi teman dekat. Saking dekatnya sampai Reuben mengaku bahwa dirinya adalah seorang gay. Tak disangka-sangka ternyata Dhimas pun seorang gay. Merekapun berpacaran, namun tidak tinggal seatap. Supaya bisa kangen dan perlu usaha buat ketemu satu sama lain, kata mereka :). Mereka berjanji untuk membuat sebuah novel roman sains yang menggugah hati semua orang. Sebuah masterpiece.

Kedua, Sang Ksatria dan Sang Putri. Mereka adalah tokoh yang dibuat oleh Reuben dan Dhimas dalam membuat novel mereka namun ternyata, mereka hidup di dimensi yang sama dengan mereka. Mereka adalah Ferre dan Rana. Ferre adalah eksekutif muda yang kaya, sukses, dan tampan. Dia begitu sempurna layaknya Ksatria. Ferre jatuh cinta pada Rana di pertemuan pertama mereka. Rana yang biasa saja juga ternyata jatuh cinta pada Ferre padahal dia sudah memiliki suami. Cerita cinta mereka (yang diciptakan oleh Reuben & Dhimas) begitu kompleks.

Saat masih kecil, Ferre pernah membaca dongeng. Dongeng itu masih ia ingat sampai sekarang. Dongeng tentang Ksatria yang jatuh cinta pada Putri bungsu kerajaan Bidadari. Ia meminta bantuan Bintang Jatuh untuk sampai ke khayangan dengan syarat Ksatria akan mati jika tidak bertemu dengan putri disana. Sang Bintang Jatuh mengkhianatinya, Ia malah jatuh cinta pada Putri. Ksatriapun mati. Sejak saat iu Ferre bercita-cita menjadi ksatria. Dan sekarang ia telah menemukan Putri-nya, Rana.

Diva adalah sosok Bintang Jatuh. Sosoknya begitu sempurna dan berkilau layaknya bintang. Masa lalunya kelam tetapi dia berhasil bangkit dan menjadi supermodel sekaligus pelacur dengan bayaran dolar.

Alur ceritanya unik dan nggak tertebak. Novel ini disisipi banyak istilah sains yang untungnya ada penjelasannya. Keseluruhan, novel ini cerdas dan mengharukan. Bravo!

Salah satu quote favorit aku:
“Semua perjalanan hidup adalah sinema. Bahkan lebih mengerikan. Darah adalah darah, dan tangis adalah tangis. Tak ada pemeran pengganti yang akan menanggung sakitmu.” 

No comments:

Post a Comment